MANAJEMEN PELAYANAN DI DAERAH 3T (TERDEPAN, TERPENCIL DAN TERTINGGAL) DI KABUPATEN NUNUKAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA

HERLAWAN, HERLAWAN (2022) MANAJEMEN PELAYANAN DI DAERAH 3T (TERDEPAN, TERPENCIL DAN TERTINGGAL) DI KABUPATEN NUNUKAN PROVINSI KALIMANTAN UTARA. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
HERLAWAN_29.1976_MANAJEMEN PELAYANAN DI DAERAH 3T (TERDEPAN, TERPENCIL DAN TERTINGGAL ) DI KABUPATEN NUNUKAN PROVINSI KALIMANTAN UTATA.pdf

Download (470kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Judul Skripsi “Manajemen Pelayanan Di Daerah 3T (Terdepan, Terpencil dan Tertinggal) di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara”. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis manajemen pelayanan di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, mengetahui dan menganalisis faktor-faktor pendukung dan penghambat manajemen pelayanan di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara, mengetahui dan menganalisis upaya mengatasi faktor-faktor penghambat manajemen pelayanan di daerah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal) di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara Penelitian ini dilakukan menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan sebagai pisau analisis dalam penulisan skripsi ini yaitu menurut Zeithaml, Parasuraman, dan Berry dalam Suprajogo (2011:124) yang terbagi menjadi lima indikator yaitu tangibles (bukti fisik), realibility (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Adapun Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah Wakil Bupati Nununkan, Sekretaris Daerah Kabupaten Nunukan, Asisten Daerah 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Nunukan, Kepala Bapeda Litbang Kabupaten Nunukan, Kasubbid Perencanaan Pembangunan Daerah Bapeda Litbang Kabupaten Nunukan, Camat Kecamatan Sebatik Tengah, Sekertaris Camat Kecamatan Sebatik Tengah, Kepala Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Umum Kecamatan Sebatik Tengah, Tokoh Masyarakat Kecamatan Sebatik Tengah, Tokoh Pendidikan Kecamatan Sebatik Tengah, Tokoh Pemuda Kecamatan Sebatik Tengah, Tokoh Perempuan Kecamatan Sebatik Tengah dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pelayanan di daerah 3t (terdepan, terpencil dan tertinggal) di Kabupaten Nunukan Provinsi Kalimantan Utara belum sepenuhnya berjalan dengan baik, seperti yang diketahui permasalahan yang kompleks di daerah perbatasan membuat pemerintah daerah belum bisa melaksanakan tugas pelayanan yang baik. Aspek seperti letak geografis wilayah yang sulit sehingga susah di akses, keterbatasan anggaran, keterbatasan sumber daya manusia menjadi faktor penyebabnya. Meskipun hal tersebut pemerintah daerah selalu berupaya untuk melayani masyarakat dengan baik. Kata kunci : Manajemen, Kecamatan Sebatik Tengah, Pelayanan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:33
Last Modified: 05 Jul 2022 04:33
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10713

Actions (login required)

View Item View Item