PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU PEMILIH PADA PEMILIHAN WALI KOTA SURABAYA TAHUN 2020

Maulidussyukron, A.Musta'in (2022) PENGARUH KONTEN MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU PEMILIH PADA PEMILIHAN WALI KOTA SURABAYA TAHUN 2020. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
repository mustain.pdf

Download (804kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pada tahun 2020 Indonesia merayakan pesta demokrasi yakni pilkada serentak yang terjadi 5 tahun sekali yang diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia pasal 201 ayat (6) UU No. 10 tahun 2016. Media sosial menjadi sebuah solusi dari proses terselenggaranya kampanye calon kepala daerah setelah diberlakukannya peraturan mengenai pembatasan sosial berskala besar pada masa pandemi covid-19. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap perilaku pemilih pada pemilihan Wali Kota Surabaya tahun 2020, dan untuk mengetahui bagaimana kategori pemilih berdasarkan penilaian persepsi pengaruh media sosial pada pilkada serentak kota Surabaya 2020. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif korelasional dan data penelitian dianalisis berdasarkan simple linier regression. Data ini diperoleh berdasarkan kolom usia pada google form. Subjek penelitian ini mayoritas diisi oleh gender perempuan sebanyak 59,6% dan laki-laki sebayak 40,4% dari total subjek. Responden dalam penelitian ini berjumlah 206 orang dengan kriteria warga Kota Surabaya yang telah memiliki hak pilih pada pilkada serentak tahun 2020. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan pengaruh media sosial secara signifikan terhadap perilaku pemilih. Hasil lain dari penelitian ini juga menjawab secara jelas tentang hipotesis ke dua yakni tentang kategorisasi pemilih. Kategori pemilih dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Surabaya dengan rentang usia18 tahun sampai 27 tahun. Kesimpulan: Terdapat pengaruh konten media sosial terhadap perilaku pemilih pada pilkada serentak Kota Surabaya 2020, berdasarkan uji hipotesis dan uji linieritas. Besar pengaruh konten media sosial terhadap perilaku pemilih pada pilkada serentak Kota Surabaya 2020 yaitu media sosial terhadap perilaku pemilh sebesar 11,4% berdasarkan Koefisien determinasi (R2) adalah 0,114. Kata kunci: Pengaruh Media Sosial, Perilaku Pemilih, Pilkada Serentak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 06 Jul 2022 02:12
Last Modified: 06 Jul 2022 02:12
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10660

Actions (login required)

View Item View Item