EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN PENGUATAN MODAL USAHA BAGI UMKM(STUDI PADA MASA PANDEMI DI KECAMATAN METRO TIMUR KOTA METRO PROVINSI LAMPUNG)

irzhafath raysul, akbar (2022) EFEKTIVITAS PROGRAM BANTUAN PENGUATAN MODAL USAHA BAGI UMKM(STUDI PADA MASA PANDEMI DI KECAMATAN METRO TIMUR KOTA METRO PROVINSI LAMPUNG). Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
Irzhafath_29.0546_B3.pdf

Download (281kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): pada Pandemi Covid-19 menyebabkan turunnya daya beli masyakarat dan sulitnya pendistribusian barang bagi pelaku usaha UMKM di Kota Metro ini sebabkan oleh kebijakan dengan di berlakukannya PPKM, hal ini berdampak turunnya omzet atau pendapatan yang dihasilkan oleh pelaku usaha UMKM dan menyebabkan banyak pelaku usaha UMKM yang merugi. Tujuan: Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui efektivitas program bantuan penguatan modal bagi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) pada masa pandemi Covid-19 di Kecamatan Metro timur Kota Metro Provinsi Lampung. Faktor penghambat dan mengetahui upaya Pemerintah dalam pelaksanaan program bantuan penguatan modal bagi UMKM pada masa pandemi covid-19 di Kecamatan Metro Timur Kota Metro Provinsi Lampung. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling. Data dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Dari hasil analisis diambil kesimpulan Dalam Pelaksanaan Program Bantuan Penguatan Modal Usaha kurang berjalan secara efektif, dan masih terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan, seperti ketidak sesusaian data dengan keadaan di lapangan, terhambatnya Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian dalam melaksanakan sosialisasi di lapangan akibat situasi pandemi, sehingga untuk memberlakukan aturan belum dapat dikatakan secara merata dan adil. Kesimpulan: Berdasarkan kesimpulan tersebut, peneliti memberikan saran kepada Pemerintah Daerah Kota Metro sebaiknya memiliki database yang valid dan pasti sehingga dengan data tersebut pemerintah dapat menyalurkan secara tepat sasaran dan tepat waktu,kemudian Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Kota Metro sebaiknya melibatkan asosiasi UMKM untuk mempermudah sosialisasi dan mampermudah pemberian data dan informasi awal terkait kebutuhan bantuan, Dinas Koperasi, UMKM, dan Perindustrian Kota Metro sebaiknya melakukan pendampingan kepada penerima bantuan dan menggunakan online monitoring untuk mempermudah pengelolaan bantuan bagi umkm, Dinas Koperasi juga perlu melakukan dan meningkatkan evaluasi maupun pembinaan oleh pihak yang terlibat secara bertahap dengan begitu keberhasilan program bantuan penguatan modal usaha dapat mencapai tujuan utama dan mendukung program pemerintah lainnya. Kata Kunci: Efektivitas, Program Bantuan Penguatan Modal,UMKM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Kebijakan Publik FPP
Date Deposited: 04 Jul 2022 07:49
Last Modified: 04 Jul 2022 07:49
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10654

Actions (login required)

View Item View Item