Seftiwitri, Wika (2022) Digitalisasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Pendapatan UMKM Baytat Oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bengkulu. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.
|
Text
RINGKASAN SKRIPSI (Wika Seftiwitri_29.0521_DIGITALISASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN UMKM BAYTAT OLEH DINAS KOPERASI DAN USAHA KECIL MENENGAH KOTA BENGKULU).pdf Download (530kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan/Latar Belakang (GAP) : Penelitian ini dilakukan karena UMKM merupakan roda penggerak ekonomi sehingga harus mampu bertahan dan beradaptasi dengan kemajuan perkembangan teknologi. Sehingga pemerintah daerah menjalankan fungsi pembangunan dan pemberdayaan melalui upaya digitalisasi pemasaran UMKM yang dapat meningkatkan pendapatan UMKM untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana upaya digitalisasi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan UMKM bay tat, faktor pendukung dan penghambat serta langkah yang dilakukan untuk mengatasi hambatan terkait upaya digitalisasi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan UMKM bay tat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode: Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan analisi terhadap digitalisasi menurut Teori Tranformasi Digital. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam skripsi ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data condensation, data display dan conclusion drawing/verification. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil penelitian Dinas Koperasi dan UKM memberikan sosialisasi dan pelatihan terkait penggunaan teknologi digital serta memberikan fasilitas berupa aplikasi sebagai media pemasaran online guna meningkatkan pendapatan UMKM. Kesimpulan: Digitalisasi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan UMKM baytat oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bengkulu berjalan dengan baik dikarenakan semua dimensi telah terpenuhi dan juga adanya kerjasama antara pemerintah, masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya. Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam digitalisasi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan UMKM baytat yang harus menjadi perhatian Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bengkulu.Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kota Bengkulu harus mampu memaksimalkan upaya untuk mengatasi faktor penghambat digitalisasi pemasaran dalam meningkatkan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah baytat. Kata kunci: UMKM, Digitalisasi, Pendapatan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions T Technology > TX Home economics |
Divisions: | Campus > IPDN Kampus Jatinangor |
Depositing User: | Pembangunan Ekonomi dan Pemberdayaan Masyarakat FPP |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 07:03 |
Last Modified: | 01 Jul 2022 07:03 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10523 |
Actions (login required)
View Item |