STRATEGI KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH KOTA PALEMBANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2019 DI KOTA PALEMBANG

Wibawa, Anggara Agung (2022) STRATEGI KOMISI PEMILIHAN UMUM DAERAH KOTA PALEMBANG DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI PEMILIH PADA PEMILIHAN UMUM PRESIDEN DAN WAKIL PRESIDEN TAHUN 2019 DI KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY ANGGARA AGUNG WIBAWA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Komisi Pemilihan Umum merupakan Lembaga yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam menyelenggarakan pemilihan umum. Komisi Pemilihan Umum Daerah Kota Palembang menyelenggarakan pemilihan umum dalam ruang lingkup Kota Palembang salah satunya Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tahun 2019. Partisipasi pemilih menjadi indikator keberhasilan pemilu. masih terdapatnya pemilih yang tidak menggunakan hak suaranya 17,81 % atau sebanyak 200.542 orang. Hal ini menunjukan belum maksimalnya partisipasi masyarakat sebagai pemilih dalam menentukan calon pemimpin. Dalam meningkatkan partisipasi pemilih tersebut KPUD Kota Palembang haruslah mempunyai strategi dalam meningkatkan partisipasi pemilih di Kota Palembang. Tujuan: Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi KPUD Kota Palembang dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih serta untuk mengetahui hambatan yang dihadapi KPUD Kota Palembang dalam meningkatkan partisipasi pemilih. Metode: Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis SWOT serta analisis berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan strategi KPUD Kota Palembang dalam meningkatkan partisipasi pemilih pada Pemilihan Presiden tahun 2019 sudah berjalan baik karena partisipasi pemilih mencapai target nasional. Kesimpulan: Namun karena masih ada kelemahan dari strategi yang digunakan, diperlukan strategi yang baru dalam meningkatkan lagi partisipasi pemilih di Kota Palembang. Adapun strategi tersebut antara lain. Meningkatkan sosialisasi berbasis teknologi dan media sosial meningkatkan kematangan berpolitik masyarakat. Menambah jumlah kelompok atau peserta yang menjadi sasaran sosialisasi. Mengalokasikan anggaran untuk kegiatan yang lebih variatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JQ Political institutions Asia
Divisions: Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 29 Jun 2022 08:33
Last Modified: 29 Jun 2022 08:33
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10429

Actions (login required)

View Item View Item