STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DALAM PILKADA 2020 ( Studi kasus Upaya Pemenangan Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto Ikfina Fathmawati – Muhammad Al Barra)

Hanik, Yuni hasfi (2022) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK DALAM PILKADA 2020 ( Studi kasus Upaya Pemenangan Kandidat Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto Ikfina Fathmawati – Muhammad Al Barra). Diploma thesis, Institut Pemerintahan dalam negeri.

[img]
Preview
Text
repository.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Sebagai salah satu negara yang menerapkan sistem demokrasi menjadikan Indonesia tidak bisa terlepas akan pemilihan. Demikian pula pada tahun 2020 Kabupaten Mojokerto menyelenggarakan pilkada untuk memilih kepala daerahnya. Pilkada ini diikuti oleh tiga pasangan calon dengan hasil akhir Ikfina Fathmawati dan Mohammad Al Barra yang keluar sebagai pemenang. Kemenangan pasangan Ikfina Fathmawati – Muhammad Al Barra tidak terlepas oleh strategi komunikasi yang digunakan. strategi tersebut tentu sangat menarik untuk dikaji oleh karena itu, peneliti tertarik untuk melakukan penelitian staretgi komunikasi politik Ikfina Fathmawati – Muhhamad Al Barra pada Pilkada Mojokerto 2020. Penelitian ini merupakan kategori penelitian kualitatif dengan metode penelitian adalah studi kasus dengan sifat penelitian deskriptif dengan dua cara pengambilan data yakni primer dan sekunder. Hasil penelitian menujukkan, strategi komunikasi politik pasangan Ikfina Fathmawati dan Muhammad Al Barra dalam memenangkan Pilkada Mojokerto tahun 2020 yakni dengan penguatan tim kampanye hingga lini terdepan masyarakat dengan pemaksimalan penggunaan media masa serta popularitas. Didukung dengan tiga dukungan social (social capital),dukungan modal (financial capital), dan dukungan jaringan (networking) yang kuat dan kokoh, kesemua strategi komunikasi politik. Pencitraan melalui ketokohan memang diperlukan namun yang menjadi nilai penting dalam suatu kontestasi yakni, visi dan misi yang dibawa dalam maju ke kontestasi politik sehingga pemilihan didasarkan akan kapasitas dan kredibilitas bukan hanya faktor ketokohan. Kata Kunci : Komunikasi Politik, Strategi, Pilkada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > J General legislative and executive papers
J Political Science > JA Political science (General)
J Political Science > JC Political theory
J Political Science > JK Political institutions (United States)
Divisions: Faculty of Politics and Government > Applied Indonesian Politics
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 29 Jun 2022 06:59
Last Modified: 29 Jun 2022 06:59
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10406

Actions (login required)

View Item View Item