PELAYANAN PERIZINAN BERBASIS ONLINE PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA TANJUNGPINANG PROVINSI KEPULAUAN RIAU

RAMBHE, NUREFNI WAHYUNI (2022) PELAYANAN PERIZINAN BERBASIS ONLINE PADA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU (DPMPTSP) KOTA TANJUNGPINANG PROVINSI KEPULAUAN RIAU. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
ringkasan skripsi 30juni.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Teknologi yang semakin canggih belakangan ini, mendorong Pemerintah untuk menciptakan program pemerintahan yang maju dan dapat menyesuaikan perkembangan zaman yang ada. Khususnya di bidang perizinan, yang di realisasikan dengan adanya Online Single Submission (OSS) oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Tanjungpinang. Tujuannya ialah untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakat dan pegawai pemerintah sendiri. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelayanan perizinan berbasis online oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Tanjungpinang, faktor penghambatnya dan upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode: Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif untuk menggambarkan objek penelitian berdasarkan fakta di lapangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan perizinan berbasis online di DPMPTSP Kota Tanjungpinang sudah baik namun harus ditingkatkan lagi. Kesimpulan: Faktor yang menghambat pelayanan berupa gangguan server yang tidak terlalu dominan dan dapat diatasi secara bertahap. Adapun saran yang diberikan oleh peneliti adalah tetap mempertahankan apa yang telah baik dan terus mengembangkan pelayanan agar dapat digunakan secara maksimal tanpa kekurangan apapun. Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Pelayanan Perizinan, Online Single Single Submission (OSS)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 30 Jun 2022 08:14
Last Modified: 30 Jun 2022 08:14
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10359

Actions (login required)

View Item View Item