ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI HALLO PALEMBANG DENGAN PENDEKATAN E-GOVQUAL DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA KOTA PALEMBANG

Rif'at, Muhammad (2022) ANALISIS KUALITAS LAYANAN APLIKASI HALLO PALEMBANG DENGAN PENDEKATAN E-GOVQUAL DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA KOTA PALEMBANG. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
RINGKASAN SKRIPSI_MUHAMMAD RIF'AT.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penulis berfokus pada permasalahan yang ada di Aplikasi Hallo Palembang, yaitu Aplikasi ini belum pernah diukur terkait kualitas layanannya, terdapat fitur dan menu yang tidak dapat diakses dan tidak ada pembaharuan terbaru. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat kualitas layanan Aplikasi Hallo Palembang ditinjau dari dimensi-dimensi pada E-GovQual. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yaitu analisis statistik deskriptif pada dimensi E-GovQual menurut Teori Papadomichelaki & Mentzas. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket (100 responden), dan dokumentasi. Hasil/Temuan: Temuan yang diperoleh penulis dalam penelitian ini yaitu hasil nilai statistik deskriptif pada masing-masing dimensi dengan tafsiran kualitatif yaitu, dimensi Efisiensi, sebesar 74,40% dan tergolong baik, dimensi Kepercayaan, sebesar 75,15% dan tergolong baik, dimensi Keandalan sebesar 79,98% dan tergolong baik, serta dimensi Dukungan Masyarakat, sebesar 74,35% dan tergolong baik. Terdapat 3 (tiga) indikator pernyataan yang mendapatkan persentase terendah yaitu EF3 (Peta situs terorganisir), RLB4 (Layanan tepat waktu) dan TRS3 (Data yang dimasukkan dapat diarsipkan dengan aman).Hasil kategorisasi pada masingmasing dimensi, didapatkan Kategori skor yang menunjukkan bahwa mayoritas dimensi pada EGovQual berada pada kategori sedang, yaitu pada dimensi Efisiensi (68%), Kepercayaan (69%), Keandalan (68%) dan Dukungan Masyarakat (76%). Kesimpulan: Secara garis besar kualitas layanan Aplikasi Hallo Palembang dapat dikatakan baik dengan perolehan nilai kualitas layanan pada kategori sedang. Kata kunci: Aplikasi, E-Government, E-GovQual, Kualitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 13 Jul 2022 06:19
Last Modified: 13 Jul 2022 06:19
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10337

Actions (login required)

View Item View Item