PERAN BADAN KESATUAN BANGSA DALAM PEMBINAAN DAN PENERTIBAN ORGANISASI MASYARAKAT DAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DI KOTA CIMAHI PROVINSI JAWA BARAT

Santika, Chandra Wira Hari (2022) PERAN BADAN KESATUAN BANGSA DALAM PEMBINAAN DAN PENERTIBAN ORGANISASI MASYARAKAT DAN LEMBAGA SWADAYA MASYARAKAT DI KOTA CIMAHI PROVINSI JAWA BARAT. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY Chandra.pdf

Download (238kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Organisasi masyarakat dan LSM sebagai bentuk dan wadah bagi aspirasi masyarakat lahir karena adanya persamaan pendapat pada masyarakat yang memiliki pandangan dan tujuan yang sama. Karena banyaknya Organisasi masyarakat yang lahir pada masyarakat, mengakibatkan adanya Organisasi masyarakat yang bertentangan dengan Pancasila. Hal tersebut dapat mengakibatkan pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan oleh Ormas dan LSM. Oleh sebab itu diperlukan adanya pembinaan dan penertiban dari Badan Kesbang Tujuan: untuk mengkaji peran Badan Kesatuan Bangsa Kota Cimahi dalam melakukan pembinaan terhadap Organisasi masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat di Kota Cimahi dan faktor-faktor penyebab ditemukan pelanggaran oleh Ormas dan LSM. Metode: metode deskriptif dengan pendekatan induktif. Dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, penulis menggunakan teknik analisi kualitatifHasil/Temuan: Disarankan pemerintah dalam hal ini Badan Kesbang harus menjalankan perannya dengan baik sebagai pembina dan penertiban bagi Ormas dan LSM Kesimpulan: Badan Kesbang Kota Cimahi dalam melakukan pembinaan dan penertiban terhadap Organisasi Masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat telah bekerja dengan optimal, dengan faktor penyebab terjadinya pelanggaran yang dilakukan Oleh Organisasi Masyarakat dan Lembaga Swadaya Masyarakat di Kota Cimahi antara lain: persaingan wilayah, perbedaan pandangan, kondisi situasional, kondisi keorganisasian, serta tuntutan kepada pemerintah yang tidak terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 28 Jun 2022 08:36
Last Modified: 28 Jun 2022 08:36
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10314

Actions (login required)

View Item View Item