PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN WALIKOTA MEDAN TAHUN 2020 (STUDI KASUS DI KECAMATAN MEDAN BARU KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA)

PURBA, MELVIN CHRISTIAN (2022) PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN WALIKOTA MEDAN TAHUN 2020 (STUDI KASUS DI KECAMATAN MEDAN BARU KOTA MEDAN PROVINSI SUMATERA UTARA). Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
repositori Melvin Christian Purba-A4-29.0140.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pelaksanaan pemilihan Walikota Medan tahun 2020 telah selesai dilakukan. Tingkat partisipasi masyarakat menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan pemilihan sebelumnya. Namun dari seluruh Kecamatan di Kota Medan, hanya tiga Kecamatan saja yang tingkat partisipasi pemilihnya melebihi angka 50 persen, salah satunya adalah Kecamatan Medan Baru. Tujuan: Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan mengenai fenomena partisipasi politik masyarakat Kecamatan Medan Baru dalam pemilihan Walikota Medan tahun 2020, menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat Kecamatan Medan Baru dalam pemilihan Walikota Medan tahun 2020 serta faktor-faktor yang menyebabkan Kecamatan Medan Baru terpilih menjadi salah satu Kecamatan dengan tingkat partisipasi masyarakat tertinggi dibandingkan Kecamatan lainnya di Kota Medan. Metode: Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripitif dimana data dan fakta yang dapat dipertanggung jawabkan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya di lokasi penelitian. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi yang kemudian dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil/Temuan: Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa partisipasi politik masyarakat di Kecamatan Medan Baru secara teoretis dipengaruhi oleh empat aspek yaitu penerimaan terhadap rangsangan politik, faktor karakteristik pribadi, faktor karakteristik sosial, dan situasi atau lingkungan politik. Berdasarkan legalistik, partisipasi masyarakat dapat dilakukan dalam bentuk keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan pemilu, pengawasan pada setiap tahapan pemilu, sosialisasi pemilu, dan survei atau jajak pendapat mengenai pemilu. Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian dan analisis Peneliti mengenai Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Walikota Medan tahun 2020 di Kecamatan Medan Baru Kota Medan, maka dapat disimpulkan bahwa Partisipasi politik masyarakat dalam Pemilihan Walikota Medan Tahun 2020 di Kecamatan Medan Baru Kota Medan mengalami kenaikan dari tahun sebelumnya. Kata Kunci: Partisipasi Masyarakat, Politik, Pemilu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Politik Indonesia Terapan
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:51
Last Modified: 28 Jun 2022 07:51
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item View Item