STRATEGI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM PENGEMBANGAN DESA TANGGUH BENCANA DI KABUPATEN NGANJUK PROVINSI JAWA TIMUR

Laksana, Revian Sandy (2022) STRATEGI BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM PENGEMBANGAN DESA TANGGUH BENCANA DI KABUPATEN NGANJUK PROVINSI JAWA TIMUR. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
repository revian.pdf

Download (849kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Kabupaten Nganjuk memiliki banyak desa tangguh bencana (destana). Setiap destana memiliki potensi ancaman bencana yang berbeda – beda. Selain jumlahnya yang banyak destana yang dikembangkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah juga berprestasi setiap tahunnya di perlombaan destana tingkat provinsi. Tujuan: untuk mengetahui strategi dari BPBD Kabupaten Nganjuk dalam pengembangan destana serta mengetahui faktor penunjang keberhasilan BPBD dalam pengembangan destana.. Metode: Penulis menggunakan desain penelitian kualitatif dengan metode deskriptif dan pendekatan induktif. Sumber data penelitian diperoleh melalui data primer yaitu wawancara dengan ASN BPBD Kabupaten Nganjuk, observasi kegiatan pengembangan destana dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari dokumen yang telah disahkan atau dipublikasikan yang berkaitan dengan penelitian. hasil penelitian diperoleh melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dipadukan dengan analisis SWOT. Hasil/Temuan: Penulis menemukan bahwa pelaksanaan desa tangguh di Kabupaten Nganjuk memenuhi segala indikator setiap dimensi dalam konsep strategi dan pengembangan organisasi pada penelitian antara lain kekuata, kelemahan, peluang, ancaman terencana, terintegrasi, sistematis, berkelanjutan, legislasi, perencanaan, kelembagaan, pendanaan, pengembangan kapasitas dan penyelenggaraan penanggulangan bencana yang dapat dikelola dengan baik. Kesimpulan: Peneliti mengambil kesimpulan bahwa strategi BPBD dalam pengembangan desa tangguh sudah baik. Hal ini didukung oleh faktor kultural gotong royong dan rasa tolong menolong yang tinggi di masyarakat serta faktor struktural yang membuat BPBD kuat dalam bertindak karena adanya keputusan bupati tentang penunjukan destana. Kata Kunci : Strategi, Pengembangan, Desa, Tangguh, Bencana.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Safety Management and Public Security
Depositing User: Manajemen Keamanan dan Keselamatan Publik FPM
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:38
Last Modified: 28 Jun 2022 07:38
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item