PELAYANAN AKTA KEMATIAN MELALUI WHATSAPP PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MINAHASA PROVINSI SULAWESI UTARA

Sujai, Mariono (2022) PELAYANAN AKTA KEMATIAN MELALUI WHATSAPP PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MINAHASA PROVINSI SULAWESI UTARA. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
RANGKUMAN SKRIPSI MARIONO SUJAI.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

ABSTRACT Problem/Background (GAP): Public services are important for the creation of good and easy service quality. Interference with internet network, mileage and public awareness are inhibiting factors in the service of making death certificates. Based on the problems faced in the field, the Minahasa Regency Population and Civil Registry Service created a death certificate service program through the WhatsApp application. Purpose: This study aims to analyze the death certificate service through WhatsApp during the Covid-19 pandemic, the inhibiting factors, efforts and what can be done by the Department of Population and Civil Registration, Minahasa Regency, North Sulawesi Province in accelerating Death Certificate Services through WhatsApp. Method: used is descriptive research with a qualitative approach. Data collection techniques used are interviews, observation, and documentation. The data were analyzed through the stages of data reduction, data presentation and drawing conclusions/verification. Results/Findings: The results show that the implementation of the WhatsApp application program in making death certificates in Minahasa Regency has been going well. It is proven by the 5 dimensions used there are still shortcomings in its implementation. Constrained by internet and network access, socialization that does not meet the elements of society, slow response to messages and lack of community insight into evaluations for maximizing population document services through the WhatsApp application. Conclusion: In this study, the author suggests increasing bandwidth in order to increase the internet network, further improve the response of officers, and socialize the procedures for serving population documents through the WhatsApp application. Keywords: Service, Death Certificate, WhatsApp Application ABSTRAK Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pelayanan publik merupakan hal yang penting bagi terciptanya kualitas pelayanan yang baik dan memudahkan. Gangguan jaringan internet, jarak tempuh dan kesadaran masyarakat merupakan faktor penghambat dalam pelayanan pembuatan akta kematian. Berdasarkan permasalahan yang dihadapi dilapangan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Minahasa membuat sebuah program pelayanan akta kematian melalui aplikasi WhatsApp. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelayanan akta kematian melalui WhatsApp pada masa pandemi Covid-19, faktor penghambat, upaya dan hal apa yang dapat dilakukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Minahasa Provinsi Sulawesi Utara dalam mempercepat Pelayanan Akta Kematian melalui WhatsApp. Metode: Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil/Temuan: Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan program penggunaan aplikasi WhatsApp dalam pembuatan akta kematian di Kabupaten Minahasa sudah berjalan dengan baik. Dibuktikan dengan 5 dimensi yang digunakan masih ada kekurangan dalam pelaksanaannya. Terkendala oleh akses internet dan jaringan, sosialisasi yang belum memenuhi elemen masyarakat, respon balasan pesan yang lambat serta kurangnya wawasan masyarkat menjadi evaluasi untuk memaksimailkan pelayanan dokumen kependudukan melalui aplikasi WhatsApp. Kesimpulan: Dalam penelitian ini, Penulis menyarankan untuk penambaan bandwitdth guna peningkatan jaringan internet, lebih meningkatkan respon petugas, serta mensosialisasikan tata cara pelayanan dokumen kependudukan melalui aplikasi WhatsApp. Kata Kunci: Pelayanan, Akta Kematian, Aplikasi WhatsApp

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:29
Last Modified: 28 Jun 2022 07:29
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item