ANALISIS KUALITAS PELAYANAN INFORMASI PUBLIK OLEH PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KOTA TERNATE

MUSTARI, MUH. JUHDI N. (2022) ANALISIS KUALITAS PELAYANAN INFORMASI PUBLIK OLEH PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KOTA TERNATE. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
G6_Muh. Juhdi N.Mustari.pdf

Download (544kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Pemerintah terus berupaya dalam memberikan peluang dan jaminan informasi kepada masyarakat terkait dengan program dan kebijakan yang sedang dijalankan. Oleh karena itu, pada tanggal 30 April 2008 telah diterbitkan dan disahkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Pada kenyataannya kuliatas kinerja PPID Diskomsandi Ternate masih memperlihatkan hasil kerja yang belum memuaskan dimana masih terlihat masyarkat yang enggan untuk gunakan hak mereka untuk memperoleh informasi yang disediakan PPID Diskomsandi Ternate tersebut. Hal ini terjadi karena Minimnya sosialisasi oleh PPID Diskomsandi Ternate terkait keberadaannya serta OPD selaku PPID Pembantu enggan dalam menyediakan data dan informasi kepada PPID Utama.Tujuan :Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengambarkan Kualitias pelayanan informasi publik oleh PPID Diskomsandi Ternate melalui tatap muka maupun melaui website. Metode : Metode yang dilakukan pada penelitaian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penentuan informan dengan metode purposive sampling. Proses pengumpulan data menggunakan teknik.teknik yaitu wawancara, dokumentasi, dan observasi. Disamping itu data dianlisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan konklusi atau verifikasi data. Hasil/Temuan : Berdasarkan hasil penelitian menunjukan pelayanan PPID Diskomsandi belum cukup berkualitas meskipun reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Hal ini dikarenakan banyak kendala.kendala yang masih banyak dihadai oleh PPID. Namun, PPID tidak hanya berdiam diri dengan kendala tersbut, dimana PPID melukukan berbagai upaya.upaya untuk memeberikan pelayanan informasi publik yang terbaik. Kesimpulan : Dari hasil pembahasan tersebut dapat dilihat bahwa PPID Utama harus bekerja lebih guna meningkatkan kualitas pelayanan Informasi publik di Kota Ternate.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Goverment Management > Smart City Information Management
Depositing User: Teknologi Rekayasa Informasi Pemerintahan FMP
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:01
Last Modified: 29 Jun 2022 03:01
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10273

Actions (login required)

View Item View Item