KINERJA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN MELALUI APLIKASI SIAP DI KOTA BANJARMASIN

Ridha, Achyar Zulfaqor (2022) KINERJA DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM PELAYANAN IZIN MENDIRIKAN BANGUNAN MELALUI APLIKASI SIAP DI KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
REPOSITORY ACHYAR ZR1.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Pelayanan aplikasi SIAP merupakan inovasi untuk mempermudah urusan masyarakat terkait pembuatan izin salah satunya adalah izin mendirikan bangunan untuk mewujudkan tertib penyelenggaraan pendirian bangunan agar sesuai dengan rencana tata ruang wilayah Kota Banjarmasin. Pelayanan izin mendirikan bangunan melalui aplikasi ini bertujuan mempermudah dan mempercepat pembuatan izin yang diproses secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam pelayanan izin mendirikan bangunan melalui aplikasi ini di Kota Banjarmasin dan kendala yang ada serta upaya yang dilakukan dalam menghadapi kendala tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Data yang dikumpulkan selama penelitian ini dianalisis dengan teori kinerja menurut Dwiyanto dengan dimensi produktivitas, kualitas layanan, responsivitas, responsibilitas dan akuntabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu dalam pelayanan izin mendirikan bangunan melalui aplikasi SIAP di Kota Banjarmasin belum sepenuhnya optimal karena hanya dimensi responsivitas dan responsibilitas yang sudah optimal, sedangkan dimensi produktivitas, kualitas layanan dan akuntabilitas belum optimal karena masih terdapat kendala yaitu pemohon terlambat membayar retribusi, kurangnya jumlah pegawai, layanan internet yang kurang baik dan standar operasional prosedur yang belum diperbarui. Upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala tersebut adalah dengan memberikan himbauan untuk menyiapkan biaya retribusi, mengusulkan penambahan pegawai, memperkuat layanan internet dan memperbarui standar operasional prosedur. Kata Kunci: Aplikasi SIAP, Izin Mendirikan Bangunan, Kinerja, Pelayanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 28 Jun 2022 03:46
Last Modified: 28 Jun 2022 03:46
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10254

Actions (login required)

View Item View Item