HIDAYAT, ARIFUDIN ALIP (2018) OPTIMALISASI PEMUNGUTAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN SUKOHARJO PROVINSI JAWA TENGAH. Diploma thesis, IPDN.
Text
5.ABSTRAK dan TERJEMAHAN ,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,.docx Download (17kB) |
Abstract
ABSTRAK Biaya Penyelenggaraan urusan pemerintahan yang diserahkan pemerintah pusat kepada Pemerintah kabupaten Sukoharjo dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah, Pemerintah daerah Kabupaten Sukoharjo dituntut memanfaatkan potensi daerahnya untuk digali sebagai sumber pendapatan asli daerah (PAD), dengan aset 27 pasar yang ada di Kabupaten Sukoharjo retribusi pelayanan pasar menjadi sumber penerimaan yang potensial, akan tetapi fenomena yang terjadi menunjukan sejumlah kebocoran dalam proses pemungutan retribusi, oleh karena itu Penulis tertarik mengambil judul penelitian “Optimalisasi Pemungutan Retribusi Pelayanan Pasar dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Sukoharjo”. Penulis menggunakan metode penelitian deskriptif kulitatif dengan pendekatan induktif, melalui pengamatan yang Penulis lakukan diperoleh gambaran permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan retribusi pelayanan pasar, adapun Penulis menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokementasi yang kemudian dari data tersebut penulis menganalisis dengan teori Optimalisasi untuk mengetahui cara untuk meningkatkan penerimaan retribusi pelayanan pasar. Berdasarkan hasil penelitian setelah melalui pengumpulan data dan fakta serta analisis data penulis menyimpulkan bahwa pemungutan retribusi pelayanan pasar yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM kabupaten Sukoharjo belum optimal, dibuktikan dengan tidak tercapainya target penerimaan retribusi pelayanan pasar pada tahun 2017. Penyebab belum optimalnya pemungutan retribusi pelayanan pasar disebabkan adanya kebocoran retribusi, rendahnya tarif retribusi, banyaknya kios kosong, mekanisme pemungutan yang tidak efektif, tidak tertagihnya retribusi dan kurangnya SDM pengelola pasar untuk itu Penulis menyarankan sejumlah upaya kepada Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM untuk mengoptimalkan pemungutan retribusi pelayanan pasar. Kata kunci: Optimalisasi, Retribusi pelayanan pasar, Pasar, Pemungutan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Depositing User: | Users 621 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2018 04:41 |
Last Modified: | 16 Jul 2018 04:41 |
URI: | http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/1024 |
Actions (login required)
View Item |