IMPLEMENTASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH

RAMLI, MUHAMMAD FADHIL (2022) IMPLEMENTASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN DI DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMASI KOTA PALU PROVINSI SULAWESI TENGAH. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
jurnal skripsi fadhil.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi SPBE di Kota Palu dalam mendukung peningkatan kualitas pelayanan pemerintahan. Adapun tujuan lainnya yakni, megetahui apa saja faktor-faktor yang menghambat terkait dengan implementasi SPBE ini, dan bagaimana ataupun apasaja upaya pemerintah dalam mengatasi factor penghambat tersebut dalam implementasi SPBE yang dilaksanakan di Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah. Pada penelitian ini peneliti mengacu pada salah satu teori yang di kemukakan oleh Muchlis Hamdi dalam menganalisis implementasi Kebijakan idealnya peneliti melihat dan menggali informasi dari 3 aspek yaitu, produktifitas, linearitas, dan efisiensi. Selain itu peneliti juga mengacu pada prinsip implementasi SPBE yang ada pada Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang terdapat beberapa aspek yang perlu di perhatikan dalam implementasi SPBE yaitu, efektivitas, keterpaduan, kesinambungan, efisiensi, akuntabilitas, interoperabilitas, dan keamanan. Untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan sebelumnya maka penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun hasil dari penelitian ini yakni implementasi SPBE di Kota Palu sudah berjalan dengan baik namun masih ada beberapa faktor penghambat pada pelaksanaannya yaitu, banyaknya jenis pelayanan elektronik yang tersedia namun tidak terintegrasi, kurangnya SDM di bidang IT, dan belum adanya regulasi yang mengatur secara khusus terkait dengan pelaksanaan SPBE di Kota Palu. Meskipun demikian dinas Kominfo tetap berupaya untuk meningkatkan pelayanan elektronik yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Administrasi Pemerintahan Daerah FMP
Date Deposited: 28 Jun 2022 07:17
Last Modified: 28 Jun 2022 07:17
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10220

Actions (login required)

View Item View Item