IMPLEMENTASI ELEKTRONIFIKASI BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN (E-BPHTB) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN GRESIK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Muhammad, Ahmad (2022) IMPLEMENTASI ELEKTRONIFIKASI BEA PEROLEHAN HAK ATAS TANAH DAN BANGUNAN (E-BPHTB) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) KABUPATEN GRESIK PADA MASA PANDEMI COVID-19. Diploma thesis, Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

[img]
Preview
Text
08_Ringkasan Skripsi AHMAD fix.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Penelitian ini berangkat dari usaha yang dilakukan oleh BPPKAD Kabupaten Gresik, untuk melaksanakan program Elektronifikasi BPHTB sebagai upaya mencapai efektifitas dan efisiensi serta mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi dalam pengelolaan BPHTB Kabupaten Gresik. Tujuan: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi E-BPHTB dalam kaitannya meningkatkan PAD Kabupaten Gresik pada masa pandemi covid-19, bagaimana kendala yang dialami, serta bagaimana upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Gresik guna mengatasi kendala tersebut. Metode: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan induktif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi partisipasi, dokumentasi, serta studi pustaka. Hasil/Temuan: Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa proses implementasi E-BPHTB yang dilakukan oleh BPPKAD Kabupaten Gresik sudah berjalan dengan baik. Hal ini berimbas kepada kenaikan kontribusi BPHTB terhadap PAD Kabupaten Gresik (2020-2021) sebesar 8,26% dengan total kenaikan PAD (2020-2021) sejumlah Rp. 106,416,134,585.65. Meskipun masih terdapat beberapa kendala yang harus diatasi oleh BPPKAD Kabupaten Gresik. Kesimpulan: Implementasi E-BPHTB yang dilakukan oleh BPPKAD Kabupaten Gresik sudah berjalan dengan baik dan efektif dalam meningkatkan PAD Kabupaten Gresik pada masa pandemi covid-19. Kata kunci : Implementasi, E-BPHTB, Peningkatan PAD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Campus > IPDN Kampus Jatinangor
Depositing User: Keuangan Publik FMP
Date Deposited: 27 Jun 2022 03:56
Last Modified: 27 Jun 2022 03:56
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10157

Actions (login required)

View Item View Item