EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK DALAM MENINGKATKAN HAK ANAK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BALIKPAPAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

PUTRA, DEVA ALVIANO (2022) EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK DALAM MENINGKATKAN HAK ANAK DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA BALIKPAPAN PROVINSI KALIMANTAN TIMUR. Diploma thesis, INSTITUT PEMERINTAHAN DALAM NEGERI.

[img]
Preview
Text
DEVA ALVIANO PUTRA_29.1118_I2_EFEKTIVITAS PELAYANAN PENERBITAN KARTU IDENTITAS ANAK DALAM MENINGKATKAN HAK ANAK.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Permasalahan/Latar Belakang (GAP): Dalam pencapaian tujuan dan aspirasi masyarakat, setiap negara harus mempunyai Good Governance (penyelenggaraan pemerintahan yang baik). Good Governance sebagai salah suatu pelayanan terhadap masyarakat merupakan fungsi yang harus diemban pemerintah dalam rangka mewujudkan kesejahteraan sebagai tolak ukur terselenggaranya tata kelola pemerintahan yang baik. KIA merupakan kartu identitas anak yang wajib dimiliki bagi Warga Negara Indonesia yang berusia 0-17 tahun kurang sehari. Berangkat dari pemikiran tersebut, maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Efektivitas Pelayanan Penerbitan Kartu Identitas A Dalam Meningkatkan Hak Anak Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur”. Tujuan: Penelitian ini bertujuan mengetahui Pelayanan penerbitan KIA di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan, mengetahui faktor penghambat dalam pelayanan penerbitan Kartu Identitas Anak oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan sipil Kota Balikpapan, dan mengetahui upaya yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk mengatasi hambatan dalam proses pelayanan penerbitan KIA di Kota Balikpapan. Metode: Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan langkah-langkah pengumpulan data melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Adapun untuk menganalisa data menggunakan analisa Reduksi Data, Penyajian Data, Penarikan Kesimpulan. Hasil/Temuan: Dalam penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Balikpapan dalam memberikan pelayanan KIA sudah efektif karena pelayanan yang diberikan memudahkan masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan dan telah menyesuaikan dengan perubahan situasi nasional seperti wabah covid-19 dan berpedoman dengan protokol kesehatan covid-19. Kesimpulan: Hal itu dilihat dari beberapa dimensi efektivitas berdasarkan teori Campbell J.P seperti keberhasilan program, keberhasilan sasaran dan kepuasan terhadap program. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut seperti merubah pola pelayanan KIA dengan berbasis online, penambahan mesin pencetakan khusus KIA serta petugas khusus melayani penerbitan KIA serta melakukan sosialisasi di media internet tentang pelayanan penerbitan KIA secara online. Kata Kunci: Efektivitas, Pelayanan, KIA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Studi Kependudukan dan Catatan Sipil FPM
Date Deposited: 29 Jun 2022 03:03
Last Modified: 29 Jun 2022 03:03
URI: http://eprints.ipdn.ac.id/id/eprint/10040

Actions (login required)

View Item View Item